Wednesday 26 November 2014

Kontribusi Islam Terhadap Kemajuan Pendidikan

Islam tidak hanya memerintahkan ummat manusia untuk belajar dan mengembangkan dirinya, akan tetapi juga memberikan banyak kontribusi, diantaranya :
1. Merupakan petunjuk menuju jalan yang lurus.
Faktor ini mencakup segala media yang berhubungan langsung dengan segala macam petunjuk-petunjuk, diantaranya :
a.   Teladan yang baik, yang menjadi model dalam melaksanakan pendidikan yang paripurna.
b.   Pemikiran-pemikiran yang memuaskan, hal ini akan menjadi referensi bagi semua ahlai dalam menyusun, teori-teori tentang kehidupan.
2. Janji dan motivasi
Faktor ini akan member dorongan bagi semua orang untuk terus berkiprah dan berprestasi dalam hidup
3. Ancaman
Faktor ini akan menjadi kendali bagi semua orang agar tidak menyimpang dari jalan yang sebenarnya.
Said Ismail Ali berpendapat bahwa dasar ideal pendidkan islam ada 6 macam, yaitu:
a.       Al-qur’an
b.      Sunnah Nabi SAW.
c.       Kata-kata Sahabat
d.      Kemasyarakatan Umat (Sosial)
e.       Nilai-nilai dan adat kebiasaan masyarakat
f.       Hasil pemikiran para pemikir Islam
a). Al-Quran
Al-Qur’an merupakan dasar pokok bagi pijakan filsafat pendidikan islam, karena di dalamnya memuat konsep-konsep hakekat manusia, hakekat alam, hakekat Tuhan, hakekat pengetahuan, hakekat nilai serta hakekat-hakekat yang berkaitan dengan alam raya. Isi Al-Qur’an memuat berbagai problem kefilsafatan misalnya filsafat pendidikan yang diajarkan oleh Nabi Adam kepada anak-anaknya (Q.S. 2:31), filsafat kemanusiaan yang dicontohkan oleh Nabi Nuh dengan konsep-konsep pembebasannya dari penyimpangan tugas kemanusiaan sebagai khalifatullah (Q.S. 37:38), filsafat sain dan teknologi oleh Nabi Daud dan Nabi Nuh, disusul filsafat budaya yang dirintis oleh Nabi Ibrahim dimana budaya itu tidak hanya bernilai manusiawi juga memiliki nilai Ilahi dengan bangunan ka’bahnya, Nabi Yusuf sebagai tokoh pembebasan penjajahan dan kemiskinan (Q.S. 12:25), Nabi Sulaiman sebagai peletak batu pertama filsafat sain dan komunikasi tidak hanya pada alam transenden (Q.S. 21:30), Nabi Isa sebagai cikal bakal pengobatan atau medis (Q.S. 27:16-18), Lukman Hakim ketarbiyahan dan Nabi Muhammad sebagai tokoh utama pemikir Muslim sejati.
b). Sunnah Nabi SAW
Al-Sunnah merupakan pedoman operasional bagi pelaksanaan Al-Qur’an, karena dapat dikatakan Nabi Muhammad SAW. merupakan tokoh utama pendidikan Islam dimana ajaran-ajarannya mencakup totalitas masyarakat sehingga kehadirannya dianggap sebagai rahmatal lilalamin (Q.S. 21:107), segala yang diberikan Nabi Muhammad merupakan kebenaran mutlak (Q.S. 2:119), karena itu beliau merupakan figur utama dalam pendidikan (Q.S. 33:21).
c). Kata-kata Sahabat
Kata-kata sahabat sebagai generasi yang paling dekat dengan Nabi SAW. mempunyai kelebihan-kelebihan sendiri dalam ketarbiyahan. Abu Bakar berhasil dan berjasa menghimpun Al-Qur’an sebagai dasar utama falsafah pendidikan Islam, dan Umar bin Khattab sebagai bapak reaktor yang menginginkan perombakan tata nilai yang kurang relevan dengan dunia nyata, disusul Utsman bin Affan sebagai pencetus sistematika karya ilmiyah sebagai pijakan dalam sistematika karya ilmiyah di bidang pendidikan, kemudian Ali bin Abi Tholib yang memberikan konsep-konsep kependidikan.
d). Kemasyarakatan Umat
Kemaslahatan masyarakat merupakan tujuan syariah Islam dan tidak akan keliru jika falsafah pendidikan Islam mengacu pada nilai-nilai yang dikandungnya.
e). Nilai-nilai Adat Masyarakat
Dasar-dasar adat kebiasaan yang memunculkan nilai-nilai insane, memberi khas suatu masyarakat yang memiliki kedudukan yang multi komplek dan dealektis yang merupakan pengejawatan dari nilai-nilai universal manusia. Sesorang akan kehilangan martabatnya apabila ia meninggalkan tradisi sekitarnya, karena itu nilai tidak diterima secara pasif namun merupakan proses untuk memperoleh hakekat kemanusiaannya.
f). Hasil Pemikiran Para Pemikir Muslim
Hasil pemikiran pemikir muslim sangatlah berharga. Mereka mengembangkan pengetahuan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul, dengan semangat menuntut ilmu.

0 comments:

Post a Comment